Saturday, August 19, 2006

Lahan Sawit Kalteng Dibeli Indofood

Sabtu, 19 Agustus 2006 02:26:46

Jakarta, BPost - Sekitar 60 persen lahan perkebunan sawit milik Rascal Holding Limited di Kalteng, Sumsel dan Kaltim seluas 85.500 hektar senilai Rp125 miliar dibeli PT Indofood Sukses Makmur Tbk melalui anak usahanya PT Ivomas Pratama.

Penandatangan perjanjian jual beli bersyarat dengan pihak Rascal Holding Limited melalui PT Mentari Subur Abadi (MSA), PT Swadaya Bhakti Negaramas (SBN) dan PT Mega Citra Perdana (MCP) dilakukan di Jakarta, Rabu lalu.

Direktur Indofood Sukses Makmur, Mulyawan Tjandra mengatakan, pengambilalihan lahan itu sudah disesuaikan dengan strategi jangka panjang perusahaannya.

PT SMP merupakan hasil penggabungan enam anak perusahaan PT Indofood yang terdiri PT Intiboga Sejahtera (IBS), PT Bitung Menado Oil Industry (Bimoli), PT Sawitra Oil Grains (SOG), PT Pratiwimba Utama(PU) dan PT Gentala Artamas (GA).

Sedangkan Salim Invomas Pertama yang sahamnya 80 persen dimiliki Indoffod merupakan perusahaan perkebunan Kelapa Sawit PIT Intiboga Sejahtera (BS) yang bergerak dalam industri pengolahan kelapa sawit dan produk turunanya, Indofood menguasai 80 persen saham di Bimoli dan sisanya SOG 80 persen.

Rencana pengakusisian itu sendiri, menurut Mulyawan, lebih meningkatkan peran perusahaan dalam persaingan industri minyak goreng dan lemak nabati untuk meningkatkan penjualan.

"Disisi lain investasi ini merupakan strategi perseroan, mengingat industri perkebunan memiliki prospek usaha yang baik di masa datang." Katanya. JBP/pras

No comments: