Saturday, October 14, 2006

Dibuka 5.000 Ha Kebun Sawit

Jumat, 06 Oktober 2006 01:06:08

Kotabaru, BPost
Ribuan warga Kabupaten Kotabaru, terutama di Kecamatan Pamukan Utara, Sungai Durian dan Pamukan Selatan akan menjadi petani plasma pada perkebunan kelapa sawit di daerahnya.

Bupati Kotabaru Drs Sjacrani Mataja telah melakukan pembukaan lahan kebun sawit plasma seluas 5.000 haktera pada tiga kecamatan tersebut.

Kebun sawit plasma di kawasan areal perusahaan perkebunan besar swasta (PBS) PT Minamas Group seluas 55 ribu hektare di tiga kecamatan tersebut telah resmi menjadi afalis atau penjamin dari program Kredit Koperasi Primer untuk Anggota (KKPA) kelapa sawit seluas 5.000 hektare yang akan dibuka hingga tahun 2009.

Tahap pertama seluas 500 hektare secara simbolis ditanam oleh Bupati Kotabaru Drs Sjachrani Mataja beserta Muspida Kabupaten Kotabaru di Desa Binturung, Kecamatan Pamukan Utara.

Tahap kedua tahun 2007, realisasi program KKPA itu dibuka seluas 1.500 hektare, tahap ketiga 2008 seluas 1.500 hektare dan tahap keempat tahun 2009 seluas 1.500 hektare.

GM KKPA Masjiwa Bahrun mengatakan, tahapan pembukaan perkebunan kelapa sawit itu akan disesuaikan dengan ketersediaan lahan milik warga di tiga kecamatan.

"Kami akan menyesuaikan penanaman kelapa sawit plasma dengan tersedianya lahan warga serta modal yang dapat dicairkan dari bank, agar program tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana, lanjut Bahrun.

"Kami berharap Pemkab Kotabaru bersedia memberikan rekomendasi kepada Bank BRI dan mempercepat izin lokasi serta legalitas koperasi unit desa (KUD) agar program ini dapat berjalan sesuai rencana," katanya.

Bupati Kotabaru usai penanaman perdana mengatakan, pemkab siap memberikan rekomendasi kepada Bank BRI serta mempercepat izin lokasi dan legalitas KUD.

"Saya siap memberikan dukungan apa yang diminta perusahaan afalis, tapi harus diingat program ini untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.ant

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: