Thursday, June 28, 2007

Petani Sawit Sukacita

Friday, 22 June 2007 01:26

PELAIHARI, BPOST - Petani kelapa sawit di Tanah Laut kini tersenyum. Kelangkaan minyak goreng yang melanda sejumlah daerah di Indonesia, memicu naiknya harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. Per kilogram TBS di Tala saat ini, menembus Rp 1.200.

"Terakhir kami menjual bulan Mei lalu. Harganya bervariasi sesuai kualitas TBS. Yang kualitasnya bagus per kilogramnya mencapai Rp 1.200," tutur Zakaria, Sekretaris KUD Agro Berseri Tala, Rabu (20/6).

KUD Agro Berseri merupakan induk dari sejumlah 11 KUD yang anggotanya adalah eks peserta plasma tebu PTPN XIII. Pascadilikuidasinya pabrik tebu tahun 2000 silam, eks plasma tebu menerima bantuan dari pemerintah pusat dan daerah berupa Kebun Rakyat dengan komoditas kelapa sawit.

Namun hanya sedikit petani yang menikmati harga menggiurkan ini, yakni petani sawit di Desa Telaga dan Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari. Mereka memang memelihara kebun sawitnya secara intensif sehingga produksinya pun memuaskan, buah TBS banyak dan berwarna kemerahan.

Namun sebagian besar petani sawit lainnya menikmati harga Rp 900 per kilogram TBS. Namun ada juga yang hanya per kilogram TBS dihargai Rp 250 bahkan Rp 150.

Harga rendah itu, sebut Zakaria, tidak bisa dihindari karena memang kualitas TBS rendah. Ini sebagai akibat kurangnya perawatan kebun sawit. roy


No comments: