Thursday, January 24, 2008

Kembangkan 50 Ribu Hektar Sawit

Rabu, 23-01-2008 | 00:40:35

• Jajaran PT Astra Kunjungi BPost Group

BANJARMASIN, BPOST - PT Astra International Tbk terus mengembangkan sayapnya di Kalsel. Melalui Astra Agro Lestari, group yang memiliki 160 anak perusahaan di Indonesia terus memperkuat bisnis dibidang perkebunan kelapa sawit.

Kalsel merupakan daerah yang cukup potensial bagi Astra Agro Lestari sehingga mereka berencana mengembangkan lahan perkebunan sawitnya seluas 50 ribu hektare di dua daerah, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Utara (HSU).

Hal itu terungkap dalam kegiatan silaturahmi antara direksi PT Astra International Tbk dengan jajaran Banjarmasin Post Group.

Rombongan Astra yang dipimpin langsung, Senior Vice President PT Astra International Tbk, Aminudin ini berkunjung ke Kantor BPost Group, Selasa (22/1).

Rombongan Astra yang didampingi Ketua PWI Pusat, Tarman Azzam itu diterima Pemimpin Umum BPost Group HG Rusdi Effendi AR, Pemimpin Redaksi BPost Pramono BS, Pemimpin Perusahaan A Wahyu Indriyanta beserta jajaran dengan penuh keakraban.

Dalam perbincangan serius tapi santai di ruang rapat Anjung Surung, Gedung HJ Djok Mentaya itu kedua belah pihak saling bertukar informasi. Sebagai media, tentunya pihak BPost yang lebih banyak menggali informasi dari PT Astra hingga tumbuh besar.

Menjawab pertanyaan Pimred BPost, Pramono BS bahwa perkebunan kelapa sawit tidak hanya potensial dari segi bisnis tetapi juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, Aminudin mengatakan, bisnis itu merupakan salah satu yang digeluti PT Astra.

"Perkebunan kelapa sawit terus kita kembangkan melalui PT Astra Agro Wisata. Di Kalsel kita memiliki lahan yang cukup luas dan menyerap tenaga kerja yang cukup besar," ujarnya.

HRD PT Cakung Permata Nusa, Sunu Gunadi menambahkan perkebunan kelapa sawit yang dikembangkan Astra Agro Lestari di Kalsel melalui lima perusahaan yakni, PT Bahtera Cemerlang, Cakra Denta Agung I dan II, Astra Agro Lestari I dan PT Cakung Permata Nusa sendiri.

"Kelima perusahaan ini bertempat di Kabupaten Tabalong. Total lahan perkebunan sawit ke lima perusahaa ini adalah 32.400 hektare dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1.700 orang," beber Sunu penuh semangat.

Tahun 2008 lanjut Sunu, Astra Agro Lestari akan mengembangkan lahan baru untuk perkebunan kelapa sawit. Lahan yang akan diperluas sebesar 50 ribu hektare. Lokasi yang direncanakan yakni, 40 ribu hektare di Negara, HSS dan 10 ribu hektare di Kelua, HSU.

PT Astra International Tbk sebagai perusahaan besar dan sukses dalam perjalanannya tidaklah mulus. Senior Vice President PT Astra International Tbk, Aminuddin mengatakan, perusahaannya juga nyaris kolaps saat krisis moneter menghantam negeri ini.

"Kami mencoba bangkit lagi dengan membangun networking hingga sekarang bisnisnya tidak hanya otomotif tapi juga, perkebunan, alat berat, tambang, financial service, dan jasa angkutan kapal dengan 160 perusahaan di seluruh Indonesia. Ini semua juga tidak lepas dari peran media. Atas itulah kami berkunjung ke BPost," tandasnya. ais

No comments: