Monday, June 18, 2007

Tak Serius, Jatah Sawit Dialihkan Petani non eks plasma tebu punya peluang

Wednesday, 13 June 2007 04:16

PELAIHARI, BPOST - Tahun ini program terakhir kebun rakyat bagi eks plasma tebu PTPN XIII yang dibiayai pemerintah. Dinas Perkebunan Tanah Laut mengancam akan mengalihkan program tersebut ke petani lain jika eks plasma tebu tidak serius.

"Kami akan selalu melakukan pengecekan di lapangan, terutama kesiapan lahan. Jika fakta di lapangan ada petani eks plasma tebu yang tidak serius, terpaksa jatah sawitnya akan kami alihkan ke petani lain," tegas Kadis Perkebunan Tala HA Rachman Said.

Menurutnya, indikasi adanya ketidakseriusan mulai terlihat. Ada beberapa peserta eks plasma tebu yang sama sekali belum menyiapkan lahannya, padahal diperkirakan tidak lama lagi bibit sawit akan datang.

Sekadar diketahui pemerintah pusat bersama Pemprov Kalsel dan Pemkab Tala meluncurkan program kebun rakyat bagi para eks plasma tebu PTPN XIII. Program ini merupakan wujud kepedulian pemerintah guna membantu ekonomi eks plasma tebu pascatutupnya pabrik tebu PTPN XIII di pengujung 2.000 silam.

Program kebun rakyat itu mulai dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Sharing dananya, pusat (APBN) menanggung biaya pengolahan lahan, APBD I menanggung pengadaan biaya bibit sawit, dan APBD II menyediakan biaya pengadaan sarana produksi seperti pupuk dan obat-obatan.roy

No comments: