Tuesday, December 18, 2007

3.000 Hektare Perkebunan Rakyat Direalisasikan

Sabtu, 10 November 2007

Radar Banjarmasin

BATULICIN - Salah satu program unggulan di bidang perkebunan, dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemkab Tanbu memfasilitasi pembangunan kebun rakyat. Melalui program itu, masing-masing kepala keluarga (KK) diberikan lahan seluas 1 hektare untuk ditanam karet maupun kelapa sawit.

“Masyarakat tinggal memilih kedua komuditi tadi. Tergantung selera merekalah,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Tanbu Ir Edward Thurrahman, Kamis (8/11), kemarin.

Menurutnya, program ini akan dilaksanakan hingga tahun 2010 mendatang. Sementara itu, mendekati akhir tahun 2007 ini, sudah berhasil direalisasikan sebanyak 1000 hektare lebih. Pada tahap pertama ini, pembangunan kebun rakyat ini, berada di Kecamatan Mantewe, Karang Bintang dan Angsana.

Berikutnya, pada tahun 2008 mendatang, akan dikembangkan lagi seluas 3.000 hektare yang berada di Kecamatan Satui, Kusan Hulu, Mantewe dan Karang Bintang. Selain beberapa kecamatan yang disebutkan tadi, tidak menutup kemungkinan pembangunan kebun rakyat ini dilaksanakan di kecamatan lain yang lahannya masih belum tergarap.

“Target kami, tahun 2010 dapat mencapai 11.000 hektare. Dengan harapan, tiga tahun berikutnya setelah tanam, seluruh masyarakat di pedesaan dapat memiliki penghasilan tiap bulannya,” katanya. (kry)


No comments: