Friday, July 18, 2008

Bupati Mengajak Berkebun

abtu, 14 Juni 2008

,-

BATULICIN - Bupati Tanbu H M Zairullah Azhar meminta warganya untuk berkebun guna meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakatnya. Mengingat luas wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang dapat dijadikan lahan perkebunan.

“Tanah Bumbu dengan luas wilayah 5.066,96 kilometer persegi harus benar-benar dikelola secara optimal dipelbagai bidang. Salah satunya, mari kita olah lahan milik kita yang selama ini belum tergarap menjadi lahan perkebunan,” ajak Bupati di hadapan warga Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin.

Lebih lanjut disela-sela pelantikan Badan Perwakilan Desa (BPD) dan Peresmian Kantor LKMS-BMT Bersujud Desa Kersik Putih, beberapa waktu lalu, Bupati juga mengajak agar mereka menanam jagung atau ubi.

“Jagung dan ubi tidak perlu waktu lama untuk panen. Dalam setahun bisa 2-3 kali panen,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam menunjang berjalannya program pemanfaatan lahan tidur, menjadi areal perkebunan bagi pendapatan perekonomian masyarakat, Pemerintah Daerah melalui dinas dan Instansi terkait akan berusaha membantu melalui sokongan dana maupun bantuan pupuk.

Sementara itu, untuk meningkatkan sumber daya laut, mantan Kadinkes Provinsi Kalsel ini berkeinginan membangun pabrik di Kecamatan Kusan Hilir (Pagatan), agar para nelayan mudah memasarkan hasil tangkapan ikan.

Misalnya di dearah tersebut, didirikan pabrik pengolahan kerupuk ikan dan abon ikan serta pabrik pengolahan hasil laut lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kersik Putih Rahmatullah mengatakan, desanya memiliki sektor strategis arus perekonomian desa yang menjanjikan. Karena letaknya berdekatan dengan pusat perkantoran Pemerintah Daerah di Gunung Tinggi.

Adapun sektor strategis itu, yaitu pembangunan perumahan bagi pegawai Pemkab Tanbu karena tanah di daerah tersebut sangat cocok dibangun perumahan.

Ditambahkannya, telah beroperasinya terminal angkutan antar daerah di Desa Kersik Putih, juga akan berdampak kepada usaha pendapatan masyarakat setempat.

Terkait pelantikan BPD desa Kersik Putih, Rahmatullah mengatakan BPD merupakan mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan program serta memberikan pemikirannya dalam membantu pembangunan di desa. Keberadaan BPD diharapkan dapat mensukseskan program pemerintah di desa sehingga pembangunan di desa, baik itu pelayanan publik atau pun menambah pendapatan perekonomian warga desa.

Dalam kegiatan itu, Bupati menyerahkan sertifikat BMT kepada perwakilan dari anggota LKMS-BMT Bersujud Desa Kersik Putih.

Sementara itu, Dandim 1004 Kotabaru-Tanbu Letkol Bagus yang hadir dalam acara itu ikut menyerahkan bantuan paket sembako kepada perwakilan dari warga desa setempat. (kry)

No comments: